Dinsdag 14 Mei 2013

Taman Ganesha


Taman Ganesha merupakan salah satu RTH di Kota Bandung seluas + 9.607 m2 yang terletak di Kecamatan Coblong Kelurahan Lebak Siliwangi. Taman yang dibangun pada tahun 1919 ini dahulu dikenal dengan nama Ijzermanpark yaitu diambil dari nama pendirinya Dr. Ir. J.W Ijzerman. Fungsi Taman Ganesha saat ini adalah sebagai tempat berkumpulnya warga dan berkegiatan (bermain, membaca, makan, sekedar duduk-duduk, atau bahkan berjualan). Patung Dr.Ir. J.W. Ijzerman itu masih berdiri megah pada tahun 1950-an. Namun tahun 1960-an patung Ijzerman telah digantikan dengan patung Ganesha di sana sekarang diletakan patung kontemporer terbuat dari baja tahan karat berbentuk rangka kubus (Tugu "In Harmonia Progresio"). Tidak diketahui dimana patung dada Ijzerman itu berada, apakah disimpan di ITB atau telah raib entah ke mana.




Mengapa di Taman Ganesha Bandung banyak hidup aneka jenis burung? Wajar saja karena daerah ini dijadikan sebagai konservasi aneka ragam burung sehingga tak ada satupun burung yang akan ditangkap.
Hal ini dilakukan semata-mata untuk melindungi jumlah burung dari spesies tertentu yang jumlahnya sudah sedikit akibat keganasan tangan manusia. Makanya, apabila ada orang yang nekad dengan menangkap salah satu burung di kawasan konservasi ini jangan heran kalau bakal ada yang menegur atau bahkan menangkapnya.
Bagi Anda yang gemar naik kuda, dengan datang ke lokasi taman ini hobi tersebut bisa terpuaskan dengan menyewa jasa penyewaan kuda. Bagi anak kecil dapat didampingi oleh sang pemilik kuda, atau bagi yang sudah berani berkuda sendiri dapat melakukannya tanpa didampingi sang pemilik kuda.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking